Jumat, 01 Maret 2013

Walfarin

  • Walfarin adalah senyawa antikoagulan. Walfarin merupakan derivat (turunan) dari coumarin-- senyawa kimia yang secara alami ditemukan di banyak tanaman, terutama tanaman Galium odoratum (woodruff).

gambar tanaman woodruff
  • Awal mulanya, walfarin dipasarkan sebagai pestisida tikus. setelah beberapa tahun kemudian, walfarin diketahui efektif dan relatif aman untuk mencegah trombosis dan embolism-- ketidaknormalan dalampembentukan gumpalan darah.
struktur kimia Walfarin (C19H16O4)
  • Walfarin dan derivat coumarin lainnya dapat menurunkan kemampuan pembekuan darah dengan cara menghambat vitamin K epoxide reductase (VKOR). VKOR merupakan enzim yang mereduksi vitamin K apabila vitamin K tersebut telah teroksidasi dalam proses karboksilasi asam glutamat. Hal ini akan menyebabkan tidak terbentuknya vitamin K quinon. Padahal, vitamin K quinon dengan bantuan vitamin K quinon reduktase diperlukan untuk membentuk vitamin K hidroquinon. Akibatnya, terjadi gangguan koagulasi.
 
  •  Pada perkembangan selanjutnya, penggunaan obat walfarin (derivat coumarin) dikurangi karena adanya kesulitan untuk mengontrol dosis dan ketakutan bahwa obat tersebut akan menginduksi perdarahan.

0 komentar: